30 August 2024

Panduan Mengendarai Motor Motocross untuk Pemula


Yamaha Deta - Berkendara motor dengan motor motocross atau motor trail yang memiliki dimensi yang tinggi, tentu dibutuhkan cara tersendiri. Bisa dipastikan mengendarai motor trail punya tata cara sendiri agar bisa maksimal dan tetap aman.

Prinsip dasar berkendara motor trail itu sangat berbeda dengan motor yang diperuntukan jalan aspal. Mengingat dari dimensi dan kemampuannya saja berbeda jauh.

Pastikan perklengkapan berkendara digunakan dengan benar sebelum memulai langkah berkendara menggunakan motor trail. seperti sepatu boot, sarung tangan, helm, pelindung siku dan lutut, pelindung dada dan punggung, dan HANS (hand and neck support) jika memungkinkan.

Baca juga: Langkah-Langkah Safety Riding untuk Berkendara yang Aman dan Nyaman

Panduan Mengendarai Motor Motocross

Cara Naik

Cara untuk mengendarai motor ini adalah hal pertama yang harus Anda pahami. Sebaiknya jika masih ragu, harus dipandu oleh ahlinya. Naik ke atas motor dalam kondisi standar samping masih terpasang, adalah hal yang direkomendasikan. Setelah itu bisa mulai mengukur sejauh mana kaki Anda bisa menapak di permukaan tanah.

Posisi Berkendara

Untuk posisi berkendara, tentu sangat berbeda dengan motor versi jalan raya. Lantaran banyak kondisi yang bisa terjadi, maka posisi tubuh sebaiknya tetap berada di tengah agar fleksibel untuk bergerak ke belakang atau ke depan. Mayoritas cara berkendara motor ini dalam posisi berdiri sehingga, lutut wajib menjepit tangki motor.

Cara Menggenggam Setang

Cara menggenggam setang, kurang lebih sama dengan motor untuk keperluan balap. Sikut tangan dibikin terbuka agar bisa jadi suspensi aktif saat melibas ragam kondisi jalan. Buka tutup gas, dilakukan seperti membuka kunci, begitu juga saat menekan tuas rem atau kopling.

Baca juga: Tips Berkendara Motor Bersama Anak Supaya Aman dan Nyaman

Cara Menikung

Saat ingin menikung menggunakan motor jenis motocross ini, diperlukan gaya berkendara yang berbeda. Posisi tubuh dalam posisi counter balance dan kaki yang berada di bagian dalam tikungan dijulurkan ke depan sementara badan sedikit agak condong ke belakang.

Cara Mainkan Gas dan Kopling

Momentum adalah kunci segalanya. Jika telat buka gas atau lepas kopling, tentu akan nyangkut di handicap tertentu. Hal inilah yang mewajibkan seorang rider harus lihat membaca handicap atau medan yang akan dijalaninya agar tetap aman.




Berita Lainnya


...
27 September 2025
Yamaha XMAX Connected TechMAX 2025 Resmi Meluncur di IMOS, Skutik Flagship Penuh Teknologi Canggih

Yamaha merilis XMAX Connected TechMAX 2025 di IMOS dengan fitur lebih canggih, desain premium, dan promo menarik untuk konsumen Indonesia.

...
18 September 2025
Gathering Team Aerox Kedua: Ratusan Modifikasi, Ribuan Bikers Night Ride!

Gathering Team Aerox 2025 di Jakarta Selatan sukses besar. Ratusan motor modifikasi dan ribuan bikers ikut night ride di acara seru ini.

...
08 September 2025
Yamaha Grand Filano Hybrid, Skutik Fashionable Mulai Rp 27,9 Juta dengan Gaya Premium

Grand Filano Hybrid 2025 hadir dengan desain fashionable, mesin Blue Core Hybrid 125 cc, dan fitur modern. Tersedia varian Neo dan Lux lengkap dengan bagasi luas dan dukungan komunitas aktif di berbagai kota Indonesia.


TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

TANYA DEYA

SIMULASI
KREDIT

DEALER &
BOOKING
SERVICE

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Deta Group

Yamaha Deta - Mazda Deta - Wuling Deta

Tukar Tambah
Program Terbaru

Yamaha Deta - Dealer Motor Terbaik di Indonesia
Call Center : 0813-2345-4688

Jl. Boulevard Artha Gading A7B 8-10, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Deta Group

Yamaha Deta - Mazda Deta - Wuling Deta

copyright © 2022 Yamaha Deta Group
copyright © 2022 Yamaha Deta Group